Pengertian Istilah Pivot dalam Olahraga Futsal

Arti kata Pivot dalam olahraga futsal agak berbeda dengan beberapa arti Pivot secara umum. Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) misalnya, kata pivot dimaknai dengan putaran, poros, atau berputar. Sementara dalam olahraga Basket Pivot diartikan sebagai salah satu teknik, yakni gerakan memutar badan dengan bertumpu pada satu kaki sambil memegang bola basket.

Lalu apa arti Pivot dalam Futsal?
Dalam olahraga Futsal, Pivot diartikan sebagai salah satu posisi pemain. Pivot adalah posisi pemain yang berada di lini depan. Pivot bisa diartikan juga sebagai target man atau striker. Pemain yang berposisi sebagai Pivot biasanya memiliki tugas menjebol gawang lawan dan membuka peluang rekannya mencetak gol. Di era futsal modern, seorang Pivot juga menjadi pemain bertahan paling pertama.

Kaitan Istilah Pivot Futsal dari KBBI
Dalam praktiknya, seorang pivot kerap kali menerima bola dalam keadaan membelakangi gawang. Ia kemudian mencari cara untuk berputar atau melakukan gerakan memutar untuk melewati lawan dan melepaskan tembakan ke gawang. Pivot juga menjadi poros bagi tim, ia mempertahankan penguasaan bola; ia lalu bisa memberikan umpan, membuka ruang permainan, atau menembak. Dalam futsal, meski fokus utama seorang pivot adalah menyerang, mereka harus tetap berkontribusi dalam pertahanan

Selain Pivot, ada beberapa posisi lain dalam olahraga futsal yakni: Anchor, Flank, dan Kiper. Untuk tahu lebih banyak tentang istilah-istilah futsal lainnya, kamu bisa lihat futsaljogja.com kategori kamus futsal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *